NVIDIA RTX 3060 Hadir dengan ‘Fitur’ Anti Mining

Pada dua hari yang lalu, NVIDIA meluncurkan kartu grafis terbaru mereka yaitu RTX 3060 untuk melengkapi seri RTX mereka.

Namun terdapat hal yang menarik pada kartu grafis tersebut, di mana NVIDIA mengatakan bahwa kartu grafis ini memiliki ‘fitur’ anti mining. ‘Fitur’ ini akan disematkan dalam pembaruan driver terbaru dengan versi 461.72. NVIDIA meng-klaim bahwa jika kartu grafis ini dipakai untuk mining mata uang kripto, maka hash rate akan dipangkas sebesar 50%. Namun kami ragu karena batasan tersebut hanya lewat software, hal tersebut kemungkinan dapat diatasi dengan mod BIOS.

“Kami mendesain GPU GeForce untuk gamer, dan gamer saat ini menuntut lebih. Sayangnya, GPU Nvidia bisa diprogram, dan pengguna terus menerus menemukan penggunaan baru (untuk GPU Nvidia), seperti simulasi cuaca, gene sequencing sampai deep learning dan robotik. Menambang mata uang kripto adalah salah satunya,” ujar Matt Wuebbling, head of global marketing GeForce di NVIDIA.

Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan GPU akibat diborong oleh para cryptominers. Sebagai gantinya, Nvidia akan menawarkan produk baru bernama Cryptocurrency Mining Processor (CMP).

Baca Juga:  AMD EPYC "Genoa" Dikabarkan Memiliki 96 Core

Prosesor ini tidak bekerja selayaknya kartu grafis. NVIDIA menawarkan fitur terbaik untuk mining mata uang kripto, namun tidak dapat mengolah grafis. CMP ini tidak mempunyai input untuk display, sehingga cocok untuk dipasangkan di mining rig.

“Dengan CMP kami bisa membantu penambang membangun data center paling efisien dengan tetap menjaga (ketersediaan) GPU GeForce RTX untuk gamer,” tambah Wuebbling.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button