Site icon TeknoNinja.id

Lupakan Silicon Valley, kenali Negara Digital Pertama: ESTONIA

foto http://www.citi.io/

Republik Estonia merupakan negara yang berada di Eropa Utara dengan perbatasan Teluk Finlandia di utara, dengan Laut Baltik di barat, dengan Latvia dan Teluk Riga di selatan, dan Danau Peipus dan Rusia di timur. Negara yang memiliki luas 45.227 km² ini memiliki mata uang Euro dengan jumlah penduduk 1,329 juta (2019) dan dipimpin oleh seorang presiden bernama Kersti Kaljulaid. Perempuan hebat sebagai presiden ke-lima.

Dan Tallin merupakan ibu kota dari negara dengan start up unicorn per-capita tertinggi di dunia.

Negara ini, dijalankan sama seperti perusahaan teknologi. Perusahaan teknologi melakukan pengeluaran besar-besaran, karena yang dijual adalah sebuah kepercayaan. Halnya dengan negara ini, Estonia. Berhasil melakukan investasi besar-besaran untuk memajukan negaranya dengan sebuah proyek yang bernama Tiigrihüpe (bahasa Estonia dari Tiger Leap atau Lumpatan Harimau).

Hasil dari investasi ini adalah sebagai berikut:

Disana ada berbagai teknologi yang memanjakan warganya. Apa ada yang berminat untuk menjadi warganya secara digital? Estonia adalah negara pertama yang menawarkan e-Residency, identitas dan status digital yang dikeluarkan pemerintah yang menyediakan akses ke lingkungan bisnis digital yang transparan di Estonia. E-Residency memungkinkan pengusaha digital untuk mengelola bisnis dari mana saja, sepenuhnya online. Selengkapnya tentang e-Residency bisa diakses disini.

Estonia e-recidency card

Menjadi warga Estonia seperti sangat menarik dengan teknologi yang serba ada disana membuat warganya betah. Apa saja layanan digital yang berada di negara digital tersebut? Kita bahas diartikel selanjutnya. Biar gak panjang-panjang amat, hehe.

Exit mobile version