Lupakan Silicon Valley, kenali Negara Digital Pertama: ESTONIA

Republik Estonia merupakan negara yang berada di Eropa Utara dengan perbatasan Teluk Finlandia di utara, dengan Laut Baltik di barat, dengan Latvia dan Teluk Riga di selatan, dan Danau Peipus dan Rusia di timur. Negara yang memiliki luas 45.227 km² ini memiliki mata uang Euro dengan jumlah penduduk 1,329 juta (2019) dan dipimpin oleh seorang presiden bernama Kersti Kaljulaid. Perempuan hebat sebagai presiden ke-lima.

Dan Tallin merupakan ibu kota dari negara dengan start up unicorn per-capita tertinggi di dunia.

Negara ini, dijalankan sama seperti perusahaan teknologi. Perusahaan teknologi melakukan pengeluaran besar-besaran, karena yang dijual adalah sebuah kepercayaan. Halnya dengan negara ini, Estonia. Berhasil melakukan investasi besar-besaran untuk memajukan negaranya dengan sebuah proyek yang bernama Tiigrihüpe (bahasa Estonia dari Tiger Leap atau Lumpatan Harimau).

Baca Juga:  Stimulator Haptik Lebih Dari Sekadar Cybersex

Hasil dari investasi ini adalah sebagai berikut:

  • Estonia tops new innovation ranking [1]
    Ada sekitar 3 negara yang lebih unggul atau sebanding dengan Amerika Serikat dalam skor kartu Internasional Asosiasi Teknologi Konsumen (CTA: Consumer Technology Association’s) pada tahun 2019, salah satunya Estonia. Bukan hanya tentang kecepatan internet dan kualitas udara atau air yang akan menempatkan AS di belakang negara lain, banyak negara yang mengalami kemajuan karena perubahan dalam kebijakan dan undang-undang.
  • Tallinn looks to become the world’s smartest city [2]
    Kota ini bekerjasama dengan universitas teknologi TalTech untuk melaksanakan berbagai proyek diberbagai bidang dengan menggunakan kecerdasar buatan. Program pintar ini akan mencakup transportasi dan mobilitas, efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan, konstruksi dan arsitektur, manajemen perkotaan dan keterlibatan masyarakat, kota digital, dan solusi TI.
  • Memiliki layanan-layanan digital yang inovatif.
Baca Juga:  Open AI: Magical DALL-E. Penghasil gambar dari teks.

Disana ada berbagai teknologi yang memanjakan warganya. Apa ada yang berminat untuk menjadi warganya secara digital? Estonia adalah negara pertama yang menawarkan e-Residency, identitas dan status digital yang dikeluarkan pemerintah yang menyediakan akses ke lingkungan bisnis digital yang transparan di Estonia. E-Residency memungkinkan pengusaha digital untuk mengelola bisnis dari mana saja, sepenuhnya online. Selengkapnya tentang e-Residency bisa diakses disini.

Estonia e-recidency card

Menjadi warga Estonia seperti sangat menarik dengan teknologi yang serba ada disana membuat warganya betah. Apa saja layanan digital yang berada di negara digital tersebut? Kita bahas diartikel selanjutnya. Biar gak panjang-panjang amat, hehe.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button