Hasil Benchmark RAM DDR5 Telah Muncul

Menuju masa transmisi standard DDR yang baru, beberapa perusahaan sudah mulai mengadopsi teknologi baru dan memproduksi modul memori DDR5.

Salah satu perusahaan tersebut adalah Shenzhen Longsys Electronics Co. Ltd, perusahaan yang memproduksi memory chip asal Tiongkok ini telah mendemonstrasikan kekuatan dari teknologi DDR5 ini. Berikut adalah spesifikasi dari memori tersebut.

Credit: Longsys

Perusahaan ini telah menguji memori DDR5 pada platform Intel Alder Lake-S atau Intel Core generasi ke 12 dan menunjukkan hasil benchmark yang menarik.

Credit: Longsys

Perusahaan ini menguji memori DDR5 dengan kapasitas 32 GB, CAS Latency sebesar 40 CL, voltase sebesar 1.1 Volt, dan clock speed sebesar 6400 Mhz. Modul memori ini adalah bukan top line dari DDR5, sebab JEDEC DDR5 sendiri itu clock speed mencapai 8400 MHz dan kapasitas mencapai 128 GB per DIMM.

Baca Juga:  Intel Mengumumkan Peluncuran Rocket Lake-S

Longsys menguji memori ini dengan prosesor 8 core Intel Alder Lake-S pada AIDA64. Pengujian ini dibandingkan dengan memori DDR4-3200 MHz CL22 yang diproduksi oleh Longsys juga. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Credit: Longsys
Credit: Longsys

Seperti yang terlihat pada tabel benchmark, terdapat kenaikan yang signifikan pada read, write, dan copy, namun tidak dengan latency. Hal tersebut dikarenakan CAS Latency sebesar 40 ialah masih sangat longgar.

Memori DDR5 ini diprediksi akan mulai diperkenalkan pada tahun ini, dimulai dengan memori untuk workstation/server. Kita masih menunggu untuk perkembangan standard baru memori DDR5 ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button