Fitur Baru Berbagi File Tanpa Internet Pada Perangkat Android

Sebuah aplikasi yang dapat diunduh pada perangkat android melalui Play Store dengan keunggulannya yang dapat mengirim file tanpa internet. Google berhasil merilis aplikasi tersebut, dengan memanfaatkan teknologi menemukan objek dan pengguna disekitar. Aplikasi bernama “WifiNanScan” tentunya bagi para pengembang untuk bereksperimen memakai Wi-Fi aware.

WiFi Aware dikenal sebagai NAN singkatan dari Neighbor Awareness Networking. Tersedia pada perangkat android 8.0+ (API level 26) yang mampu menemukan dan menghubungankan antar perangkat tanpa adanya konektivitas lain, seperti koneksi internet.

API aware dapat membuat aplikasi menjalankan operasi berikut ini:

  • Menemukan Perangkat Lain.
    Dengan menggunakan API tersebut, perangkat satu akan menemukan perangkat lain yang berada disekitarnya. Mirip dengan bluetooth, namun berbeda. Disini, perangkat satu harus memberikan pintu terbuka untuk satu atau beberapa layanan hingga memasuki zona perangkat lainnya. Setelah menemukan dan menghubungkan perangkat, maka segera gunakan fitur tersebut untuk mentransfer data atau file yang ingin dibagikan. Perangkat yang telah terhubung bisa menjadi penerima maupun pengirim data atau file.
  • Membuat Koneksi Jaringan.
    Setelah saling berketerikatan, kedua perangkat dapat membuat koneksi jaringan dua arah.
Baca Juga:  Pemerintah AS blacklist Xiaomi

Pada awal pekan nanti, Google telah siap merilis aplikasi ini untuk mendemonstrasikan kepada para pengguna dengan menghubungkan 2 perangkat memakai NAN. Aplikasi ini, nyatanya hanya sanggup menghubungan antar perangkat pada jarak sekitar 1-15 meter.

Untuk mengetahui hal ini lebih spesifik lagi, tunggu informasi terbaru di Tekno Ninja pada awal pekan nanti. Jangan lupa untuk berlangganan agar tidak ketinggalan informasi-informasi mengenai teknologi terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button