AMD Dikabarkan Sedang Mempersiapkan GPU untuk Mining

Dengan maraknya mining mata uang kripto, NVIDIA pun kewalahan dengan meluncurkan GPU mereka yang dikhususkan untuk mining mata uang kripto pada bulan Februari kemarin.

Namun, AMD dirumorkan akan memperkenalkan lineup GPU untuk mining mata uang kripto. Dalam patch AMDGPU linux driver, terdapat SKU GPU Navi12 tanpa VCN (Video Core Next) yang akan digunakan untuk mining mata uang kripto. Tanpa VCN, maka GPU tersebut tidak mendukung display output. Dapat dipastikan, GPU untuk mining mata uang kripto tersebut akan menggunakan arsitektur RDNA1.

Pada bulan November lalu, KOMACHI telah mencatat beberapa SKU GPU Navi10 tambahan yaitu RX 5700XTB, RX 5700B, and RX 5500XTB. Huruf “B” tersebut melambangkan blockchain, yang berarti dikhususkan untuk mining mata uang kripto.

Baca Juga:  RTX 3060 Ti Hadir, Mengalahkan RTX 2080 Super?

Dengan menggunakan arsitektur RDNA1 tersebut, maka GPU tersebut memiliki 2560 stream processors (40 Compute Units). Untuk konfigurasi memori belum diketahui, namun yang pasti AMD tidak akan menggunakan HBM2 untuk GPU yang ini, tidak seperti GPU Navi 12 pada umumnya. Kita tunggu pengumuman resmi dari AMD dalam beberapa bulan ke depan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button